RP-012: WAKATOBI OCEAN PARK PARADISE TOUR



Wakatobi adalah sebuah kabupaten kepulauan di propinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi sendiri adalah kependekan dari nama empat pulau terbesar di wilayah tersebut yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Wakatobi sendiri sebenarnya memiliki 142 pulau, tapi yang dihuni 7 pulau saja. Jadi, 97 persen wilayah kabupaten ini adalah lautan. Daratan hanya 3 persen saja. Dulunya, kawasan ini dikenal dengan nama Kepulauan Tukang Besi. Meskipun sebenarnya yang menjadi daerah penghasil alat-alat dari besi itu hanya ada di Pulau Binongko. Tapi konon, alat-alat dari besi yang dihasilkan oleh pulau ini memang ciamik. Dari peralatan-peralatan besi yang paling besar sampai dengan yang paling kecil.

Sebagai Taman Laut Nasional, Wakatobi merupakan taman laut dengan jumlah species terumbu karang terbesar di dunia. Tidaklah heran, karena Wakatobi merupakan pusat dari segitiga emas terumbu karang dunia. Di dunia ini ada 6 negara yang masuk dalam segitiga emas ini. Terbentang dari Thailand, Malaysia, Philiphina, Indonesia (Bunaken, Wakatobi, Bali, dan Lombok), Timor Leste, Papua Nugini dan berakhir di Solomon. Dan, Wakatobi, tepat berada di jantungnya. Berdasarkan data dari Operational Wallacea, Wakatobi memiliki 750 species coral dari 850 yang ada di dunia. Lebih banyak dari koleksi di Karibia yang hanya 650 species. Ditambah lagi dengan adanya 943 jenis ikan di dunia, maka tak heran, kalau keindahan dunia bawah laut di Wakatobi akan setimpal dengan pemandangan di atas lautnya. Belum lagi kekayaan budaya.Tiap pulau memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berpadu dengan keindahan pantainya yang berpasir putih dan air laut yang jernih dan berkilau, membuat orang yang mengunjungi mengatakan Wakatobi sebagai: “Surga di Atas dan Surga di Bawah”. Artinya baik di daratan maupun di dalam lautan sama indahnya bagaikan surga.

WAKATOBI OCEAN PARK PARADISE TOUR Plus mengunjungi Trans Studio Theme Park Makasar, 5 Hari 4 Malam

Hari-1, JakartaMakasar City Tour (Makan S, M)

Berangkat dari Jakarta menuju Makasar, tiba di Makasar dijemput di Bandara Hasanudin, makan siang di restoran lokal dan berwisata ke Benteng Rotterdam dan dilanjutkan menuju Trans Studio Theme Park. Setelah puas, menuju kawasan pusat oleh-oleh Somba Opu dan Pantai Losari untuk makan malam lalu check in di hotel.

Hari-2, Makasar – Wanci – Hoga (Makan P, S, M)

Setelah sarapan di hotel menuju Bandara untuk penerbangan ke Wanci – Wakatobi, penerbangan akan transit di Bau-bau, tiba di Bandara Matahora – Wakatobi, dijemput di bandara dan makan siang Restoran Wisata. Setelah makan siang menuju pelabuhan untuk penyeberangan menuju Pulau Hoga, sebuah pulau berpasir putih yang sangat indah dengan air lautnya yang jernih serta spot snorkeling yang juga sangat menawan. Tiba di Hoga kita akan langsung menuju ke penginapan berupa cottage berupa rumah panggung dengan pemandangan pantai yang indah. Setelah berisitrahat sejenak kita tour darat mengeksporasi Pulau Hoga dilanjutkan dengan snorkeling sampai sunset. Setelah itu kembali ke cottage dan makan malam.

Hari-3, Hoga – Kaledupa – Tomia (Makan P, S, M)

Setelah sarapan menuju Kaledupa dan melihat perkampungan Suku Bajo Mantingola, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan penyeberangan menuju Tomia. Tiba di Tomia, menuju cottage tempat menginap dan makan siang. Setelah makan siang dan istirahat, acara snorkeling menuju spot snorkeling yang konon kabarnya merupakan yang terindah di dunia yang dinamai Marimabuk. Anda akan benar-benar dibuat mabuk oleh keindahan pesona terumbu karang dan species yang hidup di perairan itu. Setelah puas bersnorkeling kita kembali ke daratan untuk menuju puncak bukit di Tomia untuk melihat keindahan sunset dari atas bukit, kemudian kembali ke penginapan dan makan malam.

Hari-4, Tomia – Wanci (Makan P, S, M)

Sarapan pagi dan bersantai menikmati daratan Tomia, setelah itu check-out dan menuju Wanci. Tiba di Wanci, makan siang dan setelah itu kita akan tour darat ke Benteng Lia Togo, pengrajin tenun dan menuju Pantai Patuno untuk check in di Patuno Resort. Waktu bebas menjelang sore hari dapat dipergunakan untuk snorkeling di area pantai resort atau melihat atraksi lumba-lumba yang berkeliaran di sela-sela gelombang laut di depan pantai. Makan malam di Patuno Resort dan kita akan melewatkan pergantian tahun di tempat yang indah ini.

Hari-5, Wanci – Makasar – Jakarta (Makan P)

Setelah makan pagi menuju Bandar Udara Matahora dan menuju Jakarta dengan transit di Makasar. Tiba di Jakarta sore hari dan berakhirlah petualangan tahun baru yang seru dan tak terlupakan di Wakatobi.

Biaya per peserta : Rp. 3.800.000 (Minimum 12 peserta)

Biaya sudah termasuk :

  • Hotel & Cottage 4 malam, 1 malam di Makasar, 1 malam di Hoga, 1 malam di Tomia dan 1 malam di Patuno Resort-Wanci
  • Makan total 12x
  • Sewa boat
  • Peralatan snorkeling
  • Transportasi darat
  • Entrance fee
  • Tour Leader

Biaya tidak termasuk :

  • Tiket pesawat Jakarta-Makasar-Wanci pp
  • Pengeluaran pribadi seperti: telp, laundry, room service dan makan minum diluar yang tercantum dalam acara tour
  • Personal tips
RAJAPIKNIK TOUR : (021) 83828886, 83828887, 082124699853